Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Ambeien Akut, Wanita Miskin Ini Sudah 1 Tahun Hanya Terbaring

Kompas.com - 17/11/2015, 12:55 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Kasumawati (45), seorang ibu rumah tangga, warga Desa Rindu Hati, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu hanya bisa terbaring akibat terserang ambeien akut.

Dia sudah menjalani kondisi itu sejak satu tahun terakhir. Kondisi semakin memperihatinkan saat ibu rumah tangga ini tak mampu berobat akibat kemiskinan.

Selain itu, kondisi perawatan rumah sakit setempat yang serba terbatas membuat ia tak mendapatkan penanganan medis secara baik.

"Ibu pernah kami bawa berobat ke rumah sakit daerah Bengkulu Tengah, tetapi pihak rumah sakit tak mampu melayani dengan alasan keterbatasan alat," kata Iskandar Syah, menantu Kasumawati, Selasa (17/11/2015).

Iskandar menambahkan, selama satu tahun, Kasumawati hanya terbaring di tempat tidur sembari menahan sakit, terutama saat buang air besar.

Ia pun berharap ada dermawan dapat mengulurkan tangannya untuk membantu keluarganya ini.

Kusamawati memiliki lima orang anak, tiga di antaranya telah berkeluarga, namun karena faktor kemiskinan pula, anak-anaknya tak mampu merawat sang ibu.

Sedangkan suaminya telah beberapa tahun meninggal dunia. Keluarga ini juga tak memiliki asuransi kesehatan. Hal itu karena kurangnya informasi untuk mendapatkan asuransi atau jaminan sosial kesehatan yang telah disediakan Pemerintah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com