Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kantor Polisi Ini, Bendera Merah Putih Sempat Berkibar Terbalik

Kompas.com - 16/11/2015, 19:50 WIB

PEMATANG SIANTAR, KOMPAS.com — Warga yang tinggal di sekitar Mapolsek Siantar Marihat, Pematang Siantar, mendapati pemandangan tak lazim halaman kantor polisi itu.

Warga terkejut sekaligus tertawa karena melihat bendera Merah Putih dikibarkan dengan posisi terbalik, Senin (16/11/2015).

Terbalik dimaksud yakni saat dikibarkan posisi warna berada di atas dan merah di bawah. Karena bendera dipandang sebagai lambang negara yang sakral, maka kekeliruan semacam ini dianggap aneh oleh warga.

Seorang pria bertubuh jangkung yang berada di sekitar Mapolsek menuturkan, bendera terbalik itu sudah berkibar cukup lama.

"Pagi tadi, waktu saya sudah begitu posisinya. Awalnya sepintas saja, tapi saya merasa aneh dan lihat lagi. Waktu saya lihat lagi, saya sadar dan lihat bahwa bendera itu terbalik," kata pria jangkung yang minta namanya tidak disebutkan itu.

Ia menuturkan langsung mengabadikan foto tersebut dengan kamera telepon selulernya.

"Kufotolah, kukasih tahu sama teman-teman. Kalau enggak salah sekitar jam 7 pagi tadi aku lewat situ," ujarnya.

Kapolsek Siantar Marihat AKP Ruslan ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa itu. Dia mengatakan, peristiwa itu disebabkan kelalaian anggotanya.

"Karena ngantuk mungkin, tidak dilihatnya saat menaikkan bendera. Jadi yang putih yang di atas. Seharusnya kan enggak demikian," kata AKP Ruslan.

Setelah mengetahui kejadian tersebut, ia menuturkan langsung memerintahkan anggotanya memperbaiki. "Langsung diperbaiki kok tadi," katanya.

Saat disambangi Tribun Medan bendera tersebut sudah terpasang dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com