Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Langkah Pemkab Aceh Timur Atasi Serangan Gajah Liar

Kompas.com - 13/11/2015, 18:03 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

ACEH TIMUR, KOMPAS.com – Pemerintah Aceh Timur membangun Conservation Respons Unit (CRU) di Desa Buleun, Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Aceh Timur, Aceh.

Konservasi ini bertujuan untuk mengatasi serangan gajah liar ke kawasan permukiman dan perkebunan warga.

Di lokasi itu akan ditempatkan empat gajah jinak untuk menghalau gajah liar yang masuk ke permukiman ke kawasan hutan.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I, BKSDA Aceh Dedi Irfansyah kepada Kompas.com, Jumat (13/11/2015) menyebutkan, lahan seluas dua hektare untuk CRU telah disiapkan. Diperkirakan pembangunan CRU itu akan rampung awal tahun depan.

“Nanti akan ada gajah jinak dari BKSDA Aceh yang ditempatkan di kawasan itu. Begitu ada gangguan gajah liar, maka gajah jinak ini akan kita bawa untuk mengusir teman-temannya ke kawasan hutan lagi,” ujar Dedi.

Sebelumnya, di kawasan Aceh Utara juga telah dibangun CRU di Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara. Sehingga, gangguan gajah liar di Aceh Utara bisa diatasi.

“Kita harap setelah CRU difungsikan, maka bisa mengatasi gangguan gajah liar yang merusak kebun warga dan rumah warga di kawasan pedalaman Aceh Timur,” ungkap Dedi.

Sebelumnya diberitakan, seekor gajah betina tewas di Seumanah Jaya, Aceh Timur. Sepanjang 15 tahun terakhir, konflik gajah dan manusia di kawasan itu belum teratasi dengan baik.

Ratusan hektare lahan sawit dan karet serta puluhan gubuk juga dirusak gajah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com