Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolres Cianjur yang Menolong Keluarga Miskin Bersyukur

Kompas.com - 08/11/2015, 07:34 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

CIANJUR, KOMPAS.com — Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu mengaku tak tahu bahwa Kapolri Badrodin Haiti akan memberikan penghargaan kepadanya.

Penghargaan itu terkait ketulusannya membantu keluarga Andun (45) dan Iyah (33) yang akhirnya memiliki rumah.

Sebelumnya, Andun, yang memiliki tujuh anak dan tinggal di Kampung Bolenglang RT 10 RW 10, Desa Sukasari, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, ini hidup sangat miskin.

Pemenuhan kebutuhan makan sehari-hari pun sulit. Bahkan, istri Andun pernah merebus batu agar anaknya yang kelaparan tertidur.

Upaya Asep Guntur membantu keluarga itu sampai ke telinga Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti.

"Itu langkah positif yang patut mendapatkan apresiasi dan penghargaan," kata Badrodin dalam pesan singkatnya, Rabu (4/11/2015), seperti dikutip dari laman Facebook Polda Metro Jaya.

Mendengar bahwa dirinya mendapat sambutan positif dari Kapolri, Guntur pun bersyukur.

"Alhamdulillah kalau mau diapresiasi dan akan dapat penghargaan dari Pak Kapolri. Saya bersyukur dan saya ucapkan terima kasih," kata Asep, yang dihubungi pada Sabtu (8/11/2015) kemarin.

Sebenarnya, kata Asep, terwujudnya rumah untuk keluarga Andun bukan berkat dirinya saja, melainkan semua pihak yang terlibat.

"Sebenarnya kita itu bekerja sama, dan yang bekerja itu sebenarnya bukan saya, melainkan mereka. Saya hanya inisiator," katanya.

Terwujudnya rumah untuk keluarga Andun merupakan kerja sama berbagai unsur pimpinan, seperti camat, kades, kepala BPN, dan bos tanah. Mereka berunding agar rumah untuk keluarga Andun bisa terwujud.

Mereka kemudian menggelar pengumpulan donasi, termasuk dari para polisi di lingkungan Polres Cianjur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com