Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Gunung Rinjani Terus Berlanjut

Kompas.com - 07/11/2015, 12:10 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Aktivitas Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih terus berlanjut hingga, Sabtu (7/11/2015).

"Sampai hari ini aktivitas vulkanik masih berlanjut, gempa tremor masih menerus dan letusan juga masih menerus," kata Ketua Pos Pemantauan Gunung Rinjani, Mutaharlin.

Dia menjelaskan, gempa tremor masih terus terjadi dengan amplitudo 44 dominan 17. Selain itu, letusan dengan tinggi rata-rata 1.000-1.500 meter juga masih menerus terjadi di Gunung Barujari yang terletak di Kaldera Gunung Rinjani.

Mutaharlin mengatakan, kondisi saat ini masih bisa berubah sewaktu-waktu. Namun jika dibandingkan dengan hari sebelumnya, ada sedikit penurunan aktivitas vulkanik di Gunung Rinjani.

"Ada penurunan sedikit, kalau dilihat dari amplitudonya, dominannya, asap letusannya. Cuman penurunan sedikit," kata dia.

Sementara itu, sebaran abu vulkanik mengarah menuju Selatan dan Utara dari pusat letusan. Abu vulkanik diperkirakan akan menyelimuti wilayah Lombok Timur.

Sampai saat ini, abu vulkanik telah menyebar hampir ke separuh Pulau Lombok. Ia menambahkan, saat ini status Gunung Rinjani masih tetap sama yaitu Waspada (Level II). Pihaknya berharap, aktivitas vulkanik terus turun dan status Gunung Rinjani kembali normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com