Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Gunung Merapi Padam, 30 Hektar Lahan Ludes

Kompas.com - 04/11/2015, 21:57 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Kebakaran hutan di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) tepatnya di Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, dapat dipadamkan, Rabu (4/11/2015).

Seluruh petugas dan relawan yang bertugas melakukan pemadaman telah ditarik termasuk dapur umum yang sebelumnya didirikan untuk membantu logistik relawan.

"Api padam sekitar pukul 11.00 WIB, tapi masih ada sisa-sisa bara api. Relawan dan dapur umum semuanya sudah ditarik," kata M Irianto, relawan gunung Merapi, Rabu sore.

Kebakaran yang melanda kawasan TNGM di Magelang tersebut merupakan rembetan dari kebakaran yang terjadi kawasan TNGM wilayah Kabupaten Boyolali.

Kepala Seksi Wilayah I TNGM Nurpana Sulaksono menyebutkan kebakaran yang terjadi sejak Senin (2/11/2015) itu telah menghanguskan lebih dari 30 hektar lahan.

Lokasi kebakaran masuk wilayah Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun atau berada di ketinggian 800-1.300 meter di atas permukaan laut.

Adapun jenis vegetasi yang terbakar adalah pohon pinus, puspa, rumput-rumputan, serasah, dan tanaman pakis.

Setidaknya 200 orang personel TNI/Polri, warga, relawan, dan personel BPBD Kabupaten Magelang dan Balai TNGM telah berupaya memadamkan api.

Pemadaman dilakukan dengan cara manual menggunakan alat-alat sederhana. Mereka juga membuat sekar-sekat bakar agar kebakaran tidak meluas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com