Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Abu Landa 5 Kecamatan di Lombok Utara

Kompas.com - 04/11/2015, 17:21 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com — Hujan abu vulkanik akibat erupsi Anak Gunung Rinjani di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melanda lima kecamatan di Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Kepala BPBD KLU Raden Tresnawadi menjelaskan, sampai saat ini ada sekitar 230 dusun di lima kecamatan, antara lain Kecamatan Bayan, Khayangan, Gangga, Tanjung, dan Pemenang, yang terpapar hujan abu vulkanik.

"Lima kecamatan sudah kena, cuma tebal tipisnya beda. Makin ke barat makin tipis," kata Tresnawadi, Rabu (4/11/2015).

Dari lima kecamatan tersebut, Kecamatan Khayangan dan Kecamatan Gangga terkena dampak paling parah. Sebab, hujan abu di kawasan ini cukup tebal dibandingkan kecamatan lain.

Dia mengatakan, jumlah dusun yang terkena dampak tersebut tidak tertutup kemungkinan akan bertambah, tergantung arah angin yang membawa debu abu vulkanik.

"Tergantung arah angin. Kalau angin membesar lagi ya kemungkinan bisa lebih," katanya.

Sementara itu, sejak peningkatan aktivitas terjadi pada 25 Oktober 2015, saat ini Gunung Rinjani berstatus Waspada (level II). Meski belum ada upaya evakuasi warga, BPBD meminta masyarakat untuk tetap waspada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com