Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Jatim: Provinsi Madura Itu Aspirasi Warga

Kompas.com - 04/11/2015, 14:49 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kabar deklarasi Pulau Madura menjadi provinsi sendiri ditanggapi santai oleh wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Dia menilai, kabar tersebut sebagai aspirasi warga Madura yang harus direspons oleh pemerintah.

"Karena aspirasi warga, kami akan tampung dan kami akan diskusikan dengan pihak terkait," kata Gus Ipul, Rabu (4/11/2015).

Sebagai representasi pemerintah, dia mengaku tidak mendukung atau menolak. Namun, aspirasi dari tokoh masyarakat Madura tersebut akan dipertimbangkan.

Disinggung mengenai kesenjangan pembangunan di Pulau Madura dibanding dengan daerah lain, dia mengatakan, pembangunan tidak dapat dilakukan secara cepat. 

"Dibanding Madura, masih banyak daerah yang lebih jauh tertinggal, tapi semuanya sedang berjalan proses pembangunannya," ujar Gus Ipul.

Kemarin, sejumlah tokoh masyarakat Madura yang mengatasnamakan Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M) berencana mendeklarasikan berdirinya Provinsi Madura. Deklarasi Provinsi Madura akan dilakukan berbarengan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Acara deklarasi Madura sebagai provinsi baru itu diklaim sudah mendapat dukungan dari empat bupati di Pulau Madura, yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Alasan menjadikan Madura sebagai provinsi antara lain, selama ini pemerintah dinilai menganaktirikan dan tidak pernah memperhatikan Madura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com