Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erupsi Anak Gunung Rinjani, 11 Penerbangan Lombok-Bali Dibatalkan

Kompas.com - 04/11/2015, 12:46 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Sebanyak 11 penerbangan dari dan menuju Bali di Bandara Internasional Lombok (BIL), Nusa Tenggara Barat (NTB) dibatalkan. Humas Bandara Lombok, Gede Eka Sandi, menjelaskan, kondisi di bandara berjalan normal.

Beberapa penerbangan menuju Jakarta, Surabaya dan Bandung tetap berjalan normal, kecuali pembatalan seluruh penerbangan dari dan menuju Denpasar, Bali.

Menurut Gede, pembatalan seluruh penerbangan dari dan menuju Bali di Bandara Internasional Lombok ini setelah terbitnya Notice to Airman (notam) A2470/15 di Bandara Ngurah Rai, Bali.

"Penutupan berlaku pukul 08.05 Wita hari ini hingga pukul 08.45 Wita, Kamis (5/11/2015)," kata Gede, Rabu (4/11/2015).

Gede mengatakan, 11 penerbangan yang batal tersebut di antaranya, lima penerbangan rute Denpasar- Lombok dan enam penerbangan rute Lombok-Denpasar.

Saat ini, seluruh penumpang yang ada di seluruh terminal di Bandara Lombok diarahkan ke masing-masing loket maskapai penerbangan untuk proses refund tiket pesawat. Calon penumpang diimbau untuk memilih alternatif transportasi melalui jalur laut menuju Denpasar.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, anak Gunung Rinjani kembali erupsi pada Rabu (4/11/2015) sekitar pukul 02.45 WITA.

Sebaran abu vulkanik akibat letusan ini mengarah ke arah Barat Daya hingga Barat Laut dari pusat letusan dengan kecepatan 10 knots, pada lapisan permukaan hingga ketinggian 14.000 kaki. Berdasarkan pantauan satelit Himawari, sebaran abu vulkanik mengarah ke arah Barat hingga Barat Daya hingga ke Banyuwangi Jawa Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com