Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kena Diabetes, Calon Wakil Bupati Lampung Timur Meninggal Dunia

Kompas.com - 04/11/2015, 12:08 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Calon Wakil Bupati Lampung Timur Prio Budi Utomo meninggal dunia setelah sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit di Bandarlampung.

Prio Budi Utomo tutup usia pada Rabu (4/11/2015) sekitar pukul 10.00 WIB karena terserang penyakit diabetes.

Mufti Salim, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lampung menjelaskan, jenazah akan dimakamkan di Desa Labuhan Ratu I, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, sore nanti.

"Beliau adalah kader terbaik kami, semasa hidupnya banyak peran dalam kemajuan dakwah ini," kata Mufti.

Prio Budi Utomo berpasangan dengan Erwin Arifin dalam bursa pencalonan kepala daerah di Kabupaten Lampung Timur. Calon ini diusung tiga partai Politik yakni PDI-Perjuangan, PKS dan PAN.

Sementara itu, Komisioner KPUD Lampung Handy Mulyaningsih menjelaskan, calon yang berhalangan tetap mengikuti proses kampanye sampai pemilihan dinyatakan gugur.

"Ini sudah diatur dalam PKPU Nomor 9 Tahun 2015 Pasal 83 tentang Pencalonan," kata dia.

Pasal tersebut memuat aturan:
(1) dalam hal pada saat dimulainya kampanye sampai dengan hari pemungutan suara terdapat pasangan calon yang berhalangan tetap, tetapi masih terdapat 2 (dua) pasangan calon atau lebih, KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota melanjutkan tahapan Pemilihan.

(2) Calon atau pasangan calon yang berhalangan tetap sebagaimana dimaksud ayat (1) dinyatakan gugur dan tidak dapat diajukan calon atau pasangan calon pengganti.

(3) Calon atau pasangan calon yang dinyatakan gugur sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan dengan keputusan KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com