Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutan Lereng Merapi Masih Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

Kompas.com - 02/11/2015, 12:22 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

BOYOLALI, KOMPAS.com - Jalur pendakian Gunung Merapi dari Selo untuk sementara ditutup. Penutupan tersebut terkait bencana kebakaran hutan di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Dusun Jrakah, Boyolali, Jawa Tengah.

Setelah mengavakuasi ratusan pendaki yang berada di puncak Gunung Merapi, tim gabungan menutup pendakian ke Merapi, khususnya yang melewati Posko Selo, Boyolali. Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi Resort Selo, Boyolali, Suwignyo, Senin (2/11/2015).

"Untuk sementara jalur pendakian dari Selo ditutup, menyusul beberapa lokasi di lereng Merapi terbakar," katanya.

Suwiknyo juga menjelaskan bahwa tim gabungan dari Relawan Barameru, Basaranas dan pihak TNI serta kepolisian sudah bergerak untuk memadamkan titik api yang tersebar di beberapa titik.

"Penutupan tersebut untuk mencegah adanya korban, dan relawan serta petugas mulai memadamkan api agar tidak merembet ke jalur pendakian," katanya.

Suwignyo juga menambahkan belum ada kepastian kapan jalur pendakian Merapi dari Selo akan ditutup.

Hutan di lereng Gunung Merapi mulai terbakar sejak hari Minggu (1/2/2015) lalu. Petugas juga sudah berhasil mengevakuasi ratusan pendaki yang saat itu berada di lokasi gunung dengan selamat. Hingga saat ini, petugas sedang berusaha memadamkan api di titik Dusun Malangan dan Sepi, Desa Lencoh, Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com