Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Siswa SD di Cirebon Galang Dana untuk Korban Asap

Kompas.com - 30/10/2015, 19:27 WIB
Kontributor Cirebon KompasTV, Muhamad Syahri Romdhon

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com – “Yooo, Ayoooo. Ayo Save Riau. Ku ingin kabut asap hilang” kalimat penyulut semangat itu berulang kali dikumandangkan di sepanjang jalan Perjuangan, Kesambi, Kota Cirebon, Jumat (30/10/2015).

Aksi yang berangsung di jalan salah satu kawasan pendidikan Kota Wali ini, berhasil menarik perhatian pengguna jalan hingga lalu lintas sempat tersendat.

Aksi itu melibatkan 400 siswa siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Sabilul Huda. Mereka berjajar memanjang di sisi jalan sambil membawa poster.

Poster-poster yang mereka bawa itu berisikan keprihatinan terkait musibah asap yang melanda beberapa wilayah Indonesia. Anak-anak itu terus menyanyikan deretan kalimat tersebut.

Aksi kampanye yang dimulai dengan shalat istisqo atau shalat meminta hujan turun, diikuti siswa kelas satu hingga kelas enam dengan penuh antusias.

Dalam waktu singkat, tiap siswa dapat menuliskan dan menggambarkan keprihatinan mereka  dalam poster dengan kreasi masing-masing.

“Ini galang dana untuk membantu korban (yang terkena asap) di Riau. Mudah-mudahan asap segera hilang dan korbannya sembuh,” kata Muhamad Fathi Ilmi, siswa kelas lima.

Kepala Sekolah SDIT Sabilul Huda, Yusuf, mengatakan asap kebakaran lahan dan hutan, membuat warga sekitar terganggu kesehatannya.

Kampanye sekaligus penggalangan dana ini merupakan aksi nyata untuk mengajarkan para siswa agar memliki rasa persaudaraaan dan solidaritas sejak dini.

"Ini aksi solidaritas peduli bencana kabut asap yang terjadi di beberaapa daerah di Indonesi. Kami jyga ingin memberikan pendidikan sosial pada anak-anak terkait kondisi Indonesia saat ini. Mereka (para pelajar) sedih dan antuasias sehingga semangat untuk mengikuti kegiatan ini,” katanya di sela kegiatan.

Dalam waktu hanya beberapa hari, kata Yusuf, para siswa berlomba-lomba membuat poster sesuai kreasi masing-masing.

Ia juga bersyukur, meski dalam waktu singkat, aksi tersebut berhasil menggalang dana sekitar 12 juta rupiah.

Uang itu segera dikirimkan kepada para korban kabut asap. Ia tentunya berharap, pemerintah serta seluruh warga, bersama-sama terus melakukan bantuan kepada para korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com