Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah "Cable Car", Transportasi Masa Depan Kota Bandung

Kompas.com - 29/10/2015, 12:59 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Transportasi modern yang diidamkan warga Kota Bandung perlahan mulai terwujud. Satu kabin cable car telah dipajang di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Bandung. 

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan, sesuai dengan yang dijanjikan, prototipe kereta gantung itu akan dipamerkan di Balai Kota Bandung. Hal itu dilakukan untuk mengobati rasa penasaran warga.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, transportasi masa depan Kota Bandung itu dinamai Skybridge.

"Ini contoh cable car. Rencana tahap satu Dago-Cihampelas. Masterplan jangka panjangnya 40 kilometer," kata Emil, sapaan Ridwan Kamil, di Bandung, Kamis (29/10/2015).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, kabin Skybridge itu memiliki kapasitas untuk 10 penumpang.

Proyek itu dibangun oleh PT Aditya Dharmaputra Persada Development didukung perusahaan asal Austria, Doppelmayer.

Emil pun mengajak masyarakat Bandung untuk melihat wujud asli cable car. "Yang mau lihat contoh cable car silakan datang ke Balai Kota. Agar masyarakat bisa paham, sampling-nya kita hadirkan," kata dia.

Proyek tersebut akan mulai dikerjakan pada awal November 2015. Rute yang akan dilewati sepanjang 800 meter mulai dari Stasiun Dago menuju Cihampelas melewati lembah Babakan Siliwangi.

CEO PT Aditya Dharmaputra Persada Development Sandjaya Susilo mengatakan, proyek senilai 8 juta euro itu akan menyediakan sekitar 60 kabin yang mampu menampung 2.400 penumpang tiap jam.

"Ini awalnya masih wisata, tetapi dalam waktu singkat kalau sukses ini akan disambung dari backbone dari stasiun kereta api terus ke atas lewat Cicendo, Cihampelas, Sukajadi, PVJ, sampai Ledeng," ucap Sandjaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com