Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Siap Pasarkan Batu Akik Dolly ke Jakarta

Kompas.com - 26/10/2015, 17:40 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Calon wali kota petahana Surabaya, Tri Rismaharini, menyebut kualitas akik produksi warga eks kompleks lokalisasi Dolly tidak kalah dengan produksi dari daerah lain.

Dia berjanji, produk akik warga eks kompleks lokalisasi tersebut akan sampai di Rawa Bening, Jakarta, tidak lama lagi.

"Rawa Bening, Jakarta, termasuk pusat penjualan akik ternama di negeri ini. Kami pasti akan membawa akik Dolly ke sana nanti," kata calon yang diusung PDI-P ini, Senin (26/10/2015).

Ide memperluas pemasaran batu akik warga Putat Jaya itu muncul saat Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri mengunjungi Dolly pada Agustus lalu.

Mega yang didampingi putrinya, Puan Maharani, saat itu menyarankan kepada Risma mengenai lapak di Rawa Bening untuk memasarkan batu akik produk perajin eks Dolly.

Risma pun mengiyakan usulan Megawati. Dia berjanji akan membawa produk akik warga eks Dolly ke Pasar Rawa Bening, Jakarta.

"Nanti kalau saya terpilih lagi, saya akan buka lapak di sana," kata Risma mengulang perkataannya kepada Megawati saat itu.

Saat masih menjabat wali kota Surabaya, tepatnya setelah menutup kompleks lokalisasi Dolly, Risma mengirim sejumlah warga eks kawasan tersebut ke Pacitan dan Kaliman, khusus untuk belajar produksi batu akik yang sedang booming. 

Sepulang dari pelatihan, Pemkot Surabaya tetap melakukan pendampingan, antara lain dengan menyiapkan modal, bahan baku, dan sarana produksi sehingga warga yang diberi pelatihan berstatus siap membuka usaha produksi akik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com