Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kabut Asap, BPBD Bagikan 10.000 Masker Gratis

Kompas.com - 24/10/2015, 19:04 WIB
Kontributor Ternate, Fatimah Yamin

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Mengantisipsi dampak kabut asap, pihak BPBD Provinsi Maluku Utara membagikan 10.000 masker di beberapa kabupaten dan kota yang terkena kabut asap.

Kepala BPBD Malut Ridwan Saban, menjelaskan, 10.000 masker didistribusi di empat kabupaten dan kota diantaranya Kota Ternate, Tidore, Halmahera Utara dan Halmahera Timur.

“Daerah yang dibagikan masker itu sesuai permintaan mereka, kabupaten lain belum minta mungkin karena masih ada stok masker,” kata Ridwan, Sabtu (24/10/2015).

Saat ini, katanya, BPBD meminta tambahan 50.000 masker di BNPB dalam rangka mengantisipasi permintaan kabupaten lainnya yang kawasan hutannya mengalami kebakaran.

“Dari total 10.000 masker yang sudah terdistribusi sudah ada yang dibagikan ke masyarakat secara gratis,” kata Ridwan lagi.

Sejauh ini, katanya, kebakaran hutan di beberapa kabupaten dan kota di Malut masih terjadi secara alami akibat kemarau.

Namun, jika ada yang disebabkan karena ulah tangan manusia dilakukan tanpa unsur kesengajaan.

Upaya pemadaman terus dilakukan dengan tetap koordinasi dengan instansi terkait, mulai TNI, Polri, Pemadam Kebakaran serta masyarakat setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com