Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyoroti Kinerja Orang Nomor Dua di Jawa Barat

Kompas.com - 22/10/2015, 07:00 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com –  Di banyak daerah di Indonesia, posisi seorang wakil kepala daerah kerap mengundang pertanyaan, khususnya terkait kinerja si orang nomor dua itu.

Demikian pula dengan kinerja Deddy Mizwar, seorang aktor kawakan yang kini menjadi orang nomor dua alias Wakil Gubernur Jawa Barat.

Tak banyak yang tahu soal pekerjaan utama Deddy Mizwar sebagai seorang wakil gubernur.

Menurut pakar hukum tata negara dari Universitas Padjajaran, Indra Perwira, secara hukum kinerja seorang wakil gubernur menjadi satu paket dengan si orang nomor satu.

"Wagub itu ban serep, peran utamanya gubernur, kalau menilai kinerja wagub (Deddy Mizwar) tidak terlepas dari kinerja gubernurnya (Ahmad Heryawan),” ujar Indra.

Sebab, lanjut Indra, semua pertanggungjawaban kinerja pemerintah akhirnya berada di tangan gubernur.

“Secara hukum tata negara, (tanggung jawab) ada pada gubernur, semua yang dilakukan wagub itu atas nama gubernur, dia bertindak atas nama gubernur," kata Indra kepada Kompas.com saat dihubungi melalui sambungan telepon, belum lama ini.

Jika melihat sosoknya, kata Indra, Deddy merupakan sosok yang bertanggungjawab atas amanah pekerjaan yang sedang diembannya.

Menurut dia, setidaknya Deddy bertanggungjawab  dan sudah berupaya semaksimal mungkin.

"Saya percaya beliau aktor yang baik, aktor yang punya nilai sukses story, punya nilai dan kapasitas," katanya.

Sebagai sosok yang berlatar belakang dari dunia entertainment kinerja Deddy dalam menjalankan tugas sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat bisa dikatakan cukup baik.

Meski tidak mahir dalam dunia birokrasi, keahlian Deddy di bidang kesenian bisa berkontribusi untuk membantu program pemerintahan.

"Kalau yang saya lihat, ada upaya menjalankan tugas dan fungsinya (sebagai wagub), misalnya di bidang kebudayaan, kesenian atau penyelamatan kesenian dan kebudayaan dan aspek lainnya, meskipun hasilnya di luar yang diharapkan,” kata Indra.

“Kalau bagi saya segitu mah cukuplah ya, Beliau masih ada usaha untuk menjalankan tugasnya sebagai wagub semaksimal mungkin," tambah dia.

Selain itu, beberapa upaya yang dilakukan Deddy termasuk penyelamatan lingkungan Jawa Barat. Seperti diketahui kondisi lingkungan Jawa Barat kini semakin buruk, mulai dari sungai yang tercemar limbah pabrik, rusaknya alam akibat pertambangan ilegal dan lainnya.

"Beliau bahkan membentuk satgas untuk penegakan hukum di bidang lingkungan. Kalau yang saya nilai, itu beliau sudah berperan di situ," Indra menegaskan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com