Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terganggu Asap, Bandara di Timika Sudah 5 Hari Lumpuh

Kompas.com - 20/10/2015, 09:46 WIB
Kontributor Jayapura, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com – Sejak lima hari terakhir Bandara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika lumpuh akibat tertutup kabut asap.

Informasi yang dihimpun Kompas.com di Timika, sudah hampir sepekan terakhir Kota Timika dan sekitarnya tertutup kabut asap.

Akibatnya, aktivitas penerbangan dan pelayaran di wilayah tersebut terganggu.

Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura, Zem Irianto Padama membenarkan penutupan Bandara Mozes Kilangin itu.

Dia mengatakan, bandara lumpuh karena kabut asap kiriman dari wilayah selatan Papua, khususnya Kabupaten Merauke dan Mappi.

Menurut Zem, penutupan Bandara Timika tersebut karena jarak pandang (visibility) kurang dari dua kilometer.

“Dari hasil pengamatan satelit diketahui pusat titik api berada di wilayah Kabupaten Mappi dan Merauke," kata Zem yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (19/10/2015) kemarin.

Selanjutnya, angin membawa kabut asap ke utara, karena terdapat siklon tropis di wilayah Filipina.

Hingga kemarin diketahui masih ada sekitar 52 titik api di wilayah Papua. Masing-masing di lima titik api di Kabupaten Jayawijaya, 16 titik api di Kabupaten Mappi, dan 31 titik api di Kabupaten Merauke.

Dari total 52 titik api tersebut, ada 27 titik api yang besar. 27 titik itu hampir semuanya berada di Kabupaten Merauke.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com