Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Keracunan, Dua Ekor Gajah Betina Ditemukan Mati di Aceh Jaya

Kompas.com - 15/10/2015, 20:38 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Dua ekor gajah sumatera ditemukan mati di kawasan pedalaman Kecamatan Krueng Sabe, Kabupaten Aceh Jaya. Diduga kedua gajah berjenis kelamin betina ini mati karena keracunan.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Genman Suhefti Hasibuan mengatakan dugaan tewas karena racun diambil setelah terlihat darah mengalir di bagian mulut dan anus kedua gajah berusia 15 dan duab tahun itu.

Dari hasil otopsi tidak ditemukan jejak-jekak tindak kekerasan pada tubuh kedua gajah baik yang disebabkan senjata tajam dan pukulan senjata tumpul atau kayu. “Tim kita menemukan pendarahan pada mulut dan anus pada kedua bangkai gajah tersebut, dan diduga kuat gajah-gajah ini keracunan, dan kita sudah mengambil sampel organ tubuh kedua gajah untuk diperiksa lebih lanjut di laboratorium forensik mabes polri untuk kepentingan hukum,” papar Genman, Kamis (15/10/2015).

Informasi kematian dua gajah betinan ini didapat BKSDA atas laporan warga yang menemukan bangkai gajah itu pada Rabu kemarin. Tim BKSDA yang terdiri dari dokter hewan, mahout dan polisi hutan segera mendatangi lokasi ditemukannya bangkai dan segera melakukan otopsi.

Kedua bangkai gajah ini ditemukan dalam jarak hanya 10 meter. Sementara jarak lokasi penemuan bangkai dari desa terakhir sejauh tujuh kilometer. Kedua hewan besar ini diperkirakan sudah mati sejak tiga hari lalu.

BKSDA, lanjut Genman, sudah melaporkan kejadian ini kepada kepolisian setempat untuk proses penyidikan dan penyelidikan secara hukum. Genman menyebutkan kedua hewan itu adalah gajah kelima yang mati mengenaskan di Aceh.

Sebelumnya gajah mati ditemukan di kabupaten Aceh Barat pada April lalu, kemudian ditemukan kembali gajah mati di Kabupaten Aceh Timur. Genman menyayangkan terus terjadinya kasus kematian gajah di Aceh, sementara populasi gajah sumatera terus menipis.

Sepanjang 2014 sebanyak 11 ekor gajah mati akibat perburuan gading. Saat ini hanya tersisa 500 ekor gajah sumatera liar di hutan-hutan di Aceh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com