Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Aceh Singkil: Kami Minta Warga yang Mengungsi Segera Pulang

Kompas.com - 14/10/2015, 18:58 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

SINGKIL, KOMPAS.com – Bupati Aceh Singkil Safriadi mengatakan, Pemkab Aceh Singkil segera menyalurkan bantuan masa panik untuk warga Aceh Singkil yang mengungsi ke Sumatera Utara. Jumlah mereka yang mengungsi diperkirakan sekitar 7.000 orang dan tersebar di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat.

“Mungkin besok sudah kita temui para pengungsi ini dan menyalurkan bantuan masa panik,” kata Safriadi saat melaporkan perkembangan terbaru di Aceh Singkil kepada Gubernur Aceh Zaini Abdullah.

Dia mengatakan, para pengungsi itu berkelompok-kelompok. Sebagian, sambung Safriadi, menginap di rumah, sekolah, kantor camat dan sebagian di rumah keluarganya di tiga kabupaten itu. “Sekarang situasi sudah kondusif. Kami minta agar warga kembali lagi ke Aceh Singkil,” ujarnya.

Safriadi juga mengapresiasi kesigapan TNI dan Polri dalam mengatasi imbas bentrok antarwarga di Aceh Singkil. Sementara itu, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto menyebutkan TNI siap membantu polisi dalam menciptakan rasa nyaman di Aceh Singkil.

Dia menyebutkan warga yang telah mengungsi dipastikan akan dijamin keamanannya saat kembali ke Aceh Singkil. Sampai sore ini, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto dan Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi masih berada di Aceh Singkil untuk memastikan keamanan wilayah tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com