Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-bentrokan di Aceh Singkil, Polri Perketat Perbatasan Aceh-Sumatera Utara

Kompas.com - 14/10/2015, 08:33 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Polri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti menginstruksikan pengetatan pengamanan di wilayah perbatasan antara Aceh dan Sumatera Utara. Hal itu dilakukan agar tidak ada kekerasan lain setelah bentrok antarwarga di Aceh Singkil yang mengakibatkan seorang warga tewas dan empat lainnya mengalami luka-luka.

"Kami langsung lakukan penyekatan di area perbatasan Aceh dan Sumatera Utara, yakni yang berbatasan dengan Tapanuli Tengah, Pakpak, dan Dairi," ujar Badrodin di kediaman dinasnya, Jalan Pattimura, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (13/10/2015) malam.

Ia mengatakan, penyekatan itu dilakukan agar tidak ada pergerakan massa dari daerah lain ke Aceh Singkil. "Kami terus meredam agar peristiwa ini tidak meluas ke mana-mana," kata dia.

Badrodin mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat di Indonesia agar menahan diri dan tidak ikut terprovokasi atas peristiwa di Aceh Singkil, apalagi atas beredarnya pesan singkat yang melebih-lebihkan peristiwa itu sehingga menarik emosi pembacanya. Badrodin meminta masyarakat percaya pada informasi yang disampaikan oleh polisi.

"Apa yang kepolisian, termasuk saya ungkap, ya itu fakta yang terjadi. Bukan malah percaya dari SMS," kata dia.

Badrodin meminta waktu agar polisi bisa menangkap pelaku sekaligus mewujudkan suasana yang aman dan tenteram di Aceh Singkil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com