Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadiri Acara Sedekah Bumi, Risma Didaulat "Nyinden"

Kompas.com - 08/10/2015, 22:51 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Calon wali kota Surabaya, Tri Rismaharini, menghadiri acara sedekah bumi warga Kapasan Dalam Surabaya, Kamis (8/10/2015). Dalam acara yang dimeriahkan dengan pagelaran wayang kulit tersebut, warga meminta Risma untuk "nyinden".

Permintaan warga itu muncul karena saat memberikan sambutan, Risma menunjuk ke arah lima orang sinden yang duduk berjajar di atas panggung wayang kulit. "Kalau nyinden saya bisa," kata Risma sambil berkelakar.

Menyambut perkataan Risma, warga secara spontan meminta  Risma untuk menampilkan kepiawaiannya "nyinden. Namun Risma hanya tertawa mendengar permintaan warga itu.

Ucapan Risma soal sinden, berawal dari kekagumannya pada dalang wayang kulit yang bukan asli keturunan Jawa. Sang dalang adalah warga keturunan Tionghoa bernama Ki Sabdo Sutejo yang nama aslinya adalah Te Boen Liong.

Risma mengaku kagum dengan kefasihannya bertutur menggunakan bahasa Jawa halus. "Saya saja nggak bisa (bahasa Jawa halus), tapi kalau nyinden saya bisa," tutur Risma.

Saat duduk di sekolah dasar, Risma memang aktif berkegiatan seni seperti menari dan bernyanyi tembang bahasa Jawa ala sinden. Dalam sambutannya, Risma mengatakan dia sangat mengapresiasi warga keturunan Tionghoa di Jalan Kapasan Surabaya, dalam yang melestarikan budaya sedekah bumi. "Ini luar biasa, orang Jawa di Surabaya sendiri saja jarang yang melakukan sedekah bumi," ujar calon wali kota petahana yang diusung PDI-P ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com