Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon di Kota Bandung Bakal Punya KTP

Kompas.com - 08/10/2015, 18:19 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

 

BANDUNG, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin yang mengguyur Kota Bandung Rabu (7/10/2015) membuat beberapa pohon besar tumbang. Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung mencatat, sebanyak delapan pohon besar di Kota Bandung tumbang dan menimpa sejumlah kendaraan.

Melihat kondisi tersebut, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta agar sebelum musim hujang datang, Diskamtam melakukan pendataan terhadap sejumlah pohon yang berusia tua serta rentan tumbang.

"Saya sudah menugaskan ke Dinas Taman karena jumlah pohon tumbang banyak. Saya agak khawatir, apakah pohon-pohon di Bandung ini sudah rapuh atau bagaimana. Tapi harus segera diinventarisasi usia pohon dan kekuatan pohon," jelas Ridwan Kamil saat ditemui di kawasan Gedebage, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (8/10/2015).

Sementara itu, Kepala Diskamtam Kota Bandung Arief Prasetya mengatakan dalam waktu dekat dinas yang dipimpinnya akan menginventarisir sejumlah pohon besar yang berusia tua. "Pohon di Kota Bandung jumlahnya ada empat jutaan. Untuk itu kita akan membuat KTP untuk pohon," ujar Arief.

Menurut dia, upaya mengantisipasi pohon tumbang telah dilakukan sejak awal musim kemarau. Petugas Diskamtam telah memonitor sejumlah pohon yang dinilai rawan tumbang. Bahkan, beberapa pohon tua yang mulai lapuk dan dinilai tak kuat menahan terpaan angin telah ditebang.

"Ada pohon yang sudah berusia 100 tahun tapi masih sehat dan tidak masalah. Kalau batang bawahnya berlubang besar kita awasi. Kemungkinan kita potong jadi pendek," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com