Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Besi Pakai Magnet, Warga Temukan 2 Granat Aktif dari Dasar Sungai

Kompas.com - 08/10/2015, 12:44 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Seorang nelayan menemukan dua granat aktif di Sungai Kapuas, persis di dekat jembatan Tol Kapuas II, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (7/10/2015).

Kamis Bujang (56), seorang nelayan yang adalah warga Gang Kayu Manis, Jalur V, Pontianak Barat, menemukan dua butir granat aktif saat menggunakan magnet, untuk mengangkat besi bekas yang ada di dalam sungai.

Saat ditemukan, posisi granat tersebut saling berdekatan dan berlumpur. "Saya lagi nyari besi di dasar sungai di dekat Tol Kapuas Sungai Raya. Saya tidak tahu kalau itu granat. Waktu itu pakai magnet, terangkat dan langsung saya bawa pulang" kata dia.

Granat tersebut kemudian dibawa Kamis pulang ke rumah dan menunjukkan temuan itu kepada seorang temannya. "Teman saya bilang jika itu granat dan dilaporkanlah ke Polsek Pontianak Barat," ujar Kamis.

Granat tersebut kemudian dinyatakan masih aktif. Dia juga mengatakan, granat yang ditemukan itu berbentuk bulat seperti nanas. "Bentuknya seperti nanas, jika gigit terus lempar meledak kaya di film-film. Granat itu melekat di besi berani, untung tidak meledak, kalau meledak habislah kita," ujar salah seorang warga.

Sementara itu, Kepala Polsek Pontianak Barat, Kompol Joko Sulistyono membenarkan jika granat tersebut didapatkan dari dasar sungai di kawasan Jembatan Tol Kapuas. "Dia biasa mencari besi di kawasan itu, kemudian dia temukan dua gumpalan lumpur yang dikiranya besi. Granat tersebut biasa digunakan militer tipe nanas, MK 1. Granat ini diduga aktif dan kita serahkan pada Sat Gegana Brimob Polda Kalbar," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com