Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Calon Tunggal Pilkada Tasik Mulai Jalani Tes Kesehatan

Kompas.com - 07/10/2015, 09:50 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tasikmalaya mulai melanjutkan percepatan tahapan Pilkada dengan calon tunggal di wilayahnya.

Pasangan bakal calon tunggal Uu Ruzhanul Ulum dan Ade Sugianto, mengikuti tes kesehatan yang dilaksanakan di RSUD Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (7/10/2015).

"Tes kesehatan bakal calon tunggal dilaksanakan hari ini. Nantinya akan dilaporkan untuk memenuhi salah satu persyaratan sebagai calon pasangan kepala daerah selain proses verifikasi pemberkasan oleh KPU Pusat," kata Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Deden Nurul Hidayat kepada wartawan Rabu pagi.

Pelaksanaan tes kesehatan ini merupakan salah satu rangkaian persyaratan bakal calon untuk menjadi calon di Pilkada.

Meski hanya calon tunggal, kata Deden, proses tahapan ini wajib diikuti oleh setiap bakal calon. "Ya, harus tetap ikuti tahapan. Ini pun dalam rangka proses percepatan tahapan Pilkada setelah beberapa bulan vacuum," tambah Deden.

Selain tes kesehatan, tambah Deden, pihaknya pun akan segera mengaktifkan kembali seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kecamatan dan Petugas Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa.

Nantinya, PPK dan PPS pun akan segera membentuk Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS) di tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Hari ini pun akan melakukan pengukuhan pengaktifan kembali PPK dan PPS di seluruh Kabupaten Tasikmalaya. Setelah sebelumnya mereka dinonaktifkan karena Pilkada rencananya akan diundur ke tahun 2017 sebelum ada putusan MK terkait calon tunggal," kata dia.

Sampai berita ini diturunkan, pasangan bakal calon tunggal di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya ini masih mengikuti rangkaian tes kesehatan di RSUD Kabupaten Tasikmalaya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com