Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ingin Pesparawi Nasional Sebarkan Pesan Damai

Kompas.com - 07/10/2015, 03:59 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo membuka kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat nasional ke-XI di Stadion Mandala Karang Panjang Ambon, Selasa (6/10/2015) malam. Dalam sambutannya, Jokowi meminta Pesparawi hendaknya tidak dijadikan sebagai pesta paduan suara semata, namun harus dapat dijadikan sebagai pesta untuk membawa pesan damai kepada seluruh bangsa Indonesia.

“Akhirnya saya ucapakan selamat kepada seluruh peserta Pesparawi. Kehadiran Anda tidak semata untuk bernyanyi, tapi kehadiran Anda adalah untuk membawa kabar damai, kabar persaudaraan dan kabar persatuan Indonesia,” ujar Presiden Jokowi.

Pembukaan Pesparawi Nasional di Ambon juga turut dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Kerja, seperti Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Pandjaitan; serta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Acara tersebut juga dihadiri sejumlah anggota DPR/MPR RI, sejumlah gubernur, bupati dan wali kota dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan, Pesparawi kali ini harus dapat dijadikan momentum untuk menegaskan kembali indahnya keragaman.

“Hidup harus seperti pohon yang berbuah dan mempunyai biji. Buah tersebut adalah komitmen untuk selalu ingat jati diri kita sebagai anak bangsa yang Bhinneka Tunggal Ika. Dengan kesadaran itulah kita dapat mengingat bahwa kita adalah bersaudara bahwa kita lahir dari rahim ibu pertiwi,” ucapnya.

Presiden juga mengaku sangat bangga karena banyak peserta Pesparawi tinggal di rumah-rumah penduduk dari berbagai agama. Menurut dia, hal itulah yang menjadi contoh hidup sebagaimana tema Pesparawi tahun ini, yakni "Sungguh baik dan indahnya hidup dalam persaudaraan yang rukun".

Hidup berbhineka pun diibaratkannya seperti paduan suara. Sebab, dalam paduan suara ada orang yang bersuara bas, ada yang sopran, tenor dan juga alto, namun meskipun berbeda tetapi jika semuanya bernyanyi secara bersama hasilnya adalah harmoni yang indah.

“Keindahan bukan karena menyanyi dengan nada yang sama, tapi keindahan justru terletak dari keragaman dalam harmoni. Ketika keragaman menjadi harmoni dan kesatuan maka hasilnya adalah kekuatan tanpa batas,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com