Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibit Lobster yang Gagal Diselundupkan ke Singapura Bernilai Rp 6 Miliar

Kompas.com - 06/10/2015, 16:09 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan ribu bibit lobster yang hendak diselundupkan ke Singapura nilainya ditaksir mencapai sekitar Rp 6 miliar. Diduga ribuan bibit lobster ini berasal dari Nusa Tenggara Timur atau Pacitan, Jawa Timur.

"Ya, kami menduga kemungkinan besar baby lobster ini berasal dari Nusa Tenggara Timur atau Pacitan, Jawa Timur," kata Suprayogi, Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Kelas 1 Yogyakarta, Selasa (6/10/2015).

Suprayogi menuturkan, terdapat enam koper yang digunakan untuk membawa bibit lobster itu. Dalam satu koper terdapat beberapa plastik dan di dalam setiap plastik terdapat ratusan bibit lobster.

"Belum dihitung detail, tapi totalnya dari enam koper itu sekitar 330.000 ekor baby lobster," tambah Suprayogi.

Dia menduga, bibit lobster itu berasal dari Nusa Tengara Barat (NTB) atau dari Pacitan, Jawa Timur, yang kemudian dibawa ke Yogyakarta lewat jalur darat sebelum coba diselundupkan ke Singapura.

"Dari lokasi itu kemungkinan dibawa lewat jalur darat menuju ke Yogyakarta. Lalu menuju Singapura lewat Bandara Adi Sucipto dengan pesawat Air Asia," ucap Suprayogi.

Dia menjelaskan, penyelundupan bibit lobster ini bisa digagalkan berkat kerja sama dengan aparat keamanan Angkasa Pura 1 Bandara Adi Sucipto. Dari pemeriksaan sinar-X diketahui bahwa enam koper tersebut berisi bibit lobster.

Sementara itu, Haryanto, Penyidik KIPM Kelas 1 Yogyakarta, menambahkan, bibit lobster yang hendak diselundupkan ke Singapura itu berukuran lebih kurang tiga milimeter. Di pasaran lokal, bibit lobster dengan ukuran itu berharga Rp 17.000-Rp 20.000. Jika total jumlah bibit lobster yang hendak diselundupkan sekitar 330.000 ekor maka nilainya mencapai sekitar Rp 6 miliar.

"Ya, kalau harganya seukuran itu antara Rp 17.000 sampai Rp 20.000. Jadi taruhlah Rp 20.000, jadi kalau total 330.000 ekor nilainya mencapai Rp 6 miliar," ujar Haryanto.

Saat ini, dua pelaku penyelundupan yaitu EO, warga Surabaya, Jawa Timur, dan SR, warga Sidoarjo, Jawa Timur, diamankan di Mapolda DIY untuk dimintai keterangan. Sedangkan sekitar 330.000 bibit lobster itu dibawa ke kantor KIPM Kelas 1 Yogyakarta untuk diselamatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com