Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badan Pesawat Aviastar Ditemukan Hancur

Kompas.com - 06/10/2015, 13:33 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Saat ditemukan di Gunung Bajaja, Dusun Gamaru, Desa Ulusalu, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, sebagian badan pesawat Aviastar dalam kondisi hancur.

Demikian laporan yang diterima Polda Sulselbar dari Polres Luwu. Kepala Polres Luwu AKBP Adex Yudiswan beserta rombongannya adalah pihak yang pertama menemukan pesawat sudah dalam keadaan hancur.

"Kondisi pesawat hancur dan banyak juga jenazah yang hangus terbakar," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulselbar Komisaris Besar (Kombes) Polisi F Barung Mangera, Selasa (6/10/2015).

Demi mengidentifikasi jenazah, Barung melanjutkan, data korban sebelum meninggal (antemortem) dan sesudah meninggal (postmortem) akan dicocokkan. "Kemungkinan tes DNA akan dilakukan untuk jenazah yang sudah dalam keadaan hangus terbakar," kata dia.

Barung menambahkan, lokasi jatuhnya pesawat Aviastar adalah di Gunung Bajaja. "Seluruh tim yang akan ikut (proses pemindahan) mohon jangan bertindak sembarangan. Sopan, serta tidak membawa telur dan daging. Hutan yang akan dilalui adalah hutan bertuan," kata dia.

Tim yang terdiri dari TNI, Polri, dan Basarnas dipandu oleh masyarakat setempat. Perjalanan dari Desa Ulusalu, tempat posko DVI, ke lokasi jatuhnya pesawat di Gunung Buntu Bajaja ditempuh dengan berjalan kaki selama enam jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com