Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Asap, Jarak Pandang di Lhokseumawe 1 Kilometer

Kompas.com - 04/10/2015, 15:58 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, Kota Lhokseumawe terpapar kabut asap sejak Sabtu, 3 Oktober 2015. Kabut asap itu berasal dari kebarakan hutan di sejumlah tempat di Sumatera. Saat ini, jarak pandang akibat kabut asap itu hanya 1 kilometer.

“Kemarin jarak pandang di Lhokseumawe sekitar 3 kilometer. Hari ini jauh lebih buruk menjadi 1 kilometer,” kata prakirawan BMKG Blang Bintang Aceh, Zakaria, kepada Kompas.com, Minggu (4/10/2015).

Dalam waktu dekat, diperkirakan kabut asap itu akan berkurang karena potensi terjadi hujan. Ditambah lagi, kawasan Aceh mulai memasuki musim penghujan.

Zakaria mengatakan, data yang dipantau BMKG selalu dilaporkan ke sejumlah bandara di Aceh termasuk Bandara Malikussaleh di Aceh Utara. Sehingga, bandara bisa memastikan apakah akan membuka penerbangan atau menutup sementara waktu.

Kawasan Aceh sudah lima kali dilanda kabut asap kiriman dari Riau dan Palembang, dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Jika hujan turun, kabut asap akan menipis atau menghilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com