Kemenlu Minta Ridwan Kamil Perbaiki Hubungan RI dan Perancis - Kompas.com

Kemenlu Minta Ridwan Kamil Perbaiki Hubungan RI dan Perancis

Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Kompas.com - 01/10/2015, 13:32 WIB
KOMPAS.com/Rio Kuswandi Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil
BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tengah membangun hubungan baik dengan Pemerintah Perancis. Pekan lalu, pria yang akrab disapa Emil itu berkunjung ke Kota Paris untuk membicarakan sejumlah kerjasama.

Namun ternyata, tak hanya persoalan kerjasama yang dia bawa ke sana. Emil mengaku diminta oleh pihak Kementerian Luar Negeri untuk memperbaiki dan menjaga hubungan baik antara Indonesia dan Perancis.

Keakraban Indonesia dan Perancis sempat renggang pasca pelaksanaan hukuman mati terhadap bandar narkoba asal Perancis, Serge Areski Atlaoui.

"Kemenlu meminta saya untuk melobi-lobi biar lebih akrab dan hubungannya lebih baik, setelah sempat ada hubungan yang kurang baik gara-gara kasus narkoba itu," kata Emil di Bandung, Kamis (1/10/2015).

Menurut Emil, upaya kerjasama yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung dan Perancis sudah terbilang harmonis. Bahkan, kata Emil, kedatangannya ke Paris merupakan undangan dari pihak kedutaan Perancis di Indonesia yang sempat berkunjung ke Bandung.

"Sebagai Wali Kota saya menyambut baik. Karena Perancis waktu itu datang ke kita kan, saya diundang untuk jadi pembicara di sana. Ke depan mungkin bisa juga ada kerjasam sister city," ungkap dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Emil bertolak ke Perancis untuk membahas sejumlah kerjasama. Selama sepekan di Kota Paris, Emil telah menghasilkan beberapa kesepakatan. Di antaranya, membangun Little Bandung di Jalan Rue Montmarte, Kota Paris.

Selain itu, pihaknya juga berhasil memikat enam investor untuk membantu Kota Bandung membangun cable car. 

PenulisKontributor Bandung, Dendi Ramdhani
EditorGlori K. Wadrianto
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM