Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Kebudayaan Jatim Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda

Kompas.com - 28/09/2015, 10:28 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikaan dan Kebudayaan menetapkan empat kebudayaan di Jawa Timur menjadi warisan budaya tak benda. Empat kebudayaan itu adalah Singo Ulung dari Bondowoso, Larung Sembonyo dari Kabupaten Trenggalek, Tanean Lanjang dari Madura dan Wayang Beber dari Pacitan.

Hal tersebut disampaikan Kacung Maridjan, Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada Kompas.com, Minggu (27/9/2015).

Menurut dia, pada tahun 2015 ada 121 kebudayaan yang telah ditetapkan sebagai warisan tak benda. Sebelumnya pada tahun 2013 sebanyak 78 kebudayaan dan pada tahun 2014 naik menjadi 96.

"Setiap tahun ada peningkatan jumlah yang menunjukkan jika pemerintah daerah semakin peduli. Untuk wilayah Jawa Timur semua warisan budaya yang diusulkan disetujui semuanya," kata Kacung saat mengunjungi Banyuwangi akhir pekan kemarin.

Menurut Kacung, saat ini masih ada ribuan warisan kebudayaan yang masih belum didaftarkan. Diharapkan, Pemerintah Daerah berperan aktif sehingga kebudayaan tetap dilestarikan, dan terus dikembangkan, sehingga tidak diakui oleh negara lain.

Syarat pengajuan harus disertai dokumen serta verifikasi di lapangan apakah kebudayaan tersebut benar ada di masyarakat. "Sidangnya sudah beberapa hari yang lalu untuk penetapannya akan dilakukan pada 20 Oktober 2015 mendatang," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com