Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nanti Malam, Masyarakat Purwakarta Diimbau Matikan Lampu

Kompas.com - 27/09/2015, 17:47 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Masyarakat Purwakarta diimbau untuk mematikan listrik pada malam bulan purnama yang akan berlangsung nanti malam (27/9/2015). Imbauan ini dikeluarkan Bupati Dedi Mulyadi untuk setiap malam bulan purnama.

“Untuk lampu penerangan jalan umum (PJU), akan dimatikan oleh PLN dari pukul 18.00-21.00 WIB. Kami sudah bekerja sama dengan PLN untuk menjalankannya,” ujar Dedi Mulyadi melalui saluran telepon, Minggu (27/9/2015).

Dedi menjelaskan, tidak ada sisi mistis atas imbauan pemadaman lampu saat bulan purnama. Imbauan ini hanya untuk mengajak masyarakat kembali ke alam. Karena menikmati bulan purnama tanpa lampu memunculkan daya nalar dan arah pemikiran yang positif.

“Ini bukan mistik, tapi bisa dirasakan dengan hanya diterangi cahaya bulan pada saat purnama, akan tercipta keheningan. Saat itu, kita bisa khusyuk untuk berbuat apa saja, termasuk tata cara mensyukuri ciptaan Tuhan,” ungkap Dedi.

Ia pun meminta warga untuk keluar dari rumah saat purnama. Khusus bagi pelajar, Dedi meminta mereka menggambarkan suasana purnama, baik dengan cara menggambar, membuat cerita, hingga puisi tentang purnama, yang kemudian menjadi tugas sekolah.

"Untuk anak-anak sekolah nanti kita tugaskan menggambarkan suasana bulan purnama, sebagai tugas dari sekolah,” imbuhnya.

Sementara itu, kebijakan tersebut mendapat tanggapan beragam dari masyarakat. Mulai dari pemikiran mistis, horror, hingga tanggapan positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com