Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Pantau Penyerapan Dana Desa di Desa Pulo Kelapa

Kompas.com - 27/09/2015, 15:12 WIB
Sabrina Asril

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerjanya dari areal persawahan di Desa Cilamaya Wetan, Karawang, Jawa Barat, Minggu (27/9/2015) menuju ke desa lainnya di kabupaten yang berjarak 68 km dari Jakarta itu.

Desa kedua yang dikunjungi Jokowi adalah Desa Pulo Pisang. Di desa itu, Jokowi meninjau penyerapan dana desa. Dia melihat proses pemasangan turap di tengah-tengah perkampungan warga yang baru mulai dibuat itu. Tampak sekitar 10 orang warga tengah menyusun turap dari batu kali untuk pembangunan jalur irigasi tersebut.

Kepala Desa Pulo Pisang, Popon Patmawati yang mendampingi Presiden beserta rombongan memperkenalkan warganya yang tengah bekerja itu.

"Ini semua dikerjakan oleh warga sini," ucap Popon.

Jokowi pun menanyakan anggaran yang digunakan dari dana desa untuk pembangunan saluran irigasi itu. Namun, para warga mengaku tak mengetahuinya.

"Nggak tahu pak kalau itu, kami hanya mengerjakan saja," ucap salah seorang warga.

Untuk tahun 2015 ini, pemerintah menggelontorkan Rp 20,7 triliun untuk pembangunan desa. Penyaluran direncanakan dilaksanakan dalam dua tahap. Hingga 11 September 2015, tercatat sudah Rp 16,57 triliun telah disalurkan ke 434 kabupaten dan kota.

Jokowi meninjau lokasi perkampungan itu selama 10 menit. Dia tampak didampingi Ibu Negara Iriana, Menteri Desa dan Pemberdayaan Daerah Tertinggal Marwan Jafar, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Selanjutnya, Jokowi beserta rombongan menteri menaiki helikopter untuk langsung menuju ke Ibu Kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com