Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Gunung di Sulawesi Utara Hangus Terbakar

Kompas.com - 25/09/2015, 06:50 WIB
MANADO, KOMPAS.com — Tiga gunung di Provinsi Sulawesi Utara, yaitu Gunung Lokon di Kota Tomohon, Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Gunung Klabat di Kabupaten Minahasa Utara, terbakar.

"Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta aparat TNI/Polri terus berupaya memadamkan api yang masih menyala," kata Kepala Dinas Kehutanan Herry Rotinsulu di Tomohon, Jumat (25/9/2015).

Sejauh ini, kata dia, luas kawasan Gunung Klabat yang terbakar sekitar 35 hektar, cagar alam Gunung Lokon berkisar 100 hektar, sedangkan kawasan Gunung Soputan di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara masih dihitung.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi saat ini, selain disebabkan faktor alam akibat fenomena El Nino yang diperkirakan pengaruhnya hingga Desember 2015, juga akibat kesengajaan masyarakat yang membuka lahan atau membersihkan dengan cara membakar.

"Dampak kebakaran ini yaitu merugikan aspek ekonomi yang dialami sektor darat, laut, dan udara, secara ekologi memusnahkan flora dan fauna, serta kesehatan yaitu terganggunya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)," ujarnya.

Dia mengharapkan masyarakat memperhatikan fenomena iklim ini dengan menjauhkan faktor-faktor penyebab terjadinya kebakaran, serta menghindari perilaku kesengajaan, antara lain membuang puntung rokok serta pembukaan lahan dengan cara membakar.

"Prinsip yang perlu dipegang terkait dengan kebakaran hutan dan lahan adalah lebih baik mencegah daripada memadamkan," ujarnya.

Penjabat Gubernur Soni Sumarsono dan rombongan sekitar pukul 14.00 Wita mengunjungi kebakaran di lereng Gunung Lokon yang sebelumnya sudah meluas ke area perkebunan.

"Diharapkan selalu melakukan imbauan dan penyuluhan kepada masyarakat terkait upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Kompas TV Gunung Api Lokon Terbakar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com