Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasiyo-Lucy Resmi Jadi Lawan Risma-Wisnu di Pilkada Surabaya

Kompas.com - 24/09/2015, 12:58 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya menetapkan pasangan Rasiyo dan Lucy Kurniasari memenuhi syarat sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya. Dengan demikian, keduanya akan menjadi lawan pasangan Tri Rismaharini dan Wisnu Sakti Buana di Pilkada Surabaya 2015.

Penetapan pasangan yang diusung Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) itu diumumkan setelah KPU melakukan penilaian dan verifikasi faktual berkas persyaratan pasangan hingga Rabu (23/9/2015) kemarin.

"Pilwali Surabaya digelar tahun ini dan diikuti dua pasang calon," kata Ketua KPU Surabaya Robiyan Arifin, Kamis (24/9/2015).

Ia mengatakan, berkas Lucy sempat menjadi pembahasan serius karena beberapa item persyaratan dinilai tidak memenuhi syarat. Contohnya penggunaan nama yang berbeda antara kartu identitas dan ijazah. Lucy juga tidak menyertakan ijazah asli SMA karena hilang.

"Soal ijazah sudah diverifikasi faktual dan nama Lucy dan Lucie sudah dipastikan melalui notaris bahwa pemilik dua nama itu adalah Lucy Kurniasari," jelas Robiyan.

KPU Surabaya menetapkan dua pasangan kontestan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Surabaya melalui surat keputusan nomor 36/KPTS/KPU-Kota-014.329945/2015 tentang penetapan pasangan peserta Pilkada Surabaya 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com