Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Asap Tebal Menyelimuti Suasana Shalat Id di Ogan Ilir

Kompas.com - 24/09/2015, 11:10 WIB
Kontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Shalat Idul Adha di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, dilaksanakan di bawah kabut asap tebal, Kamis (24/9/2015).

Kabut asap tersebut berasal dari kebakaran lahan yang terjadi di sejumlah wilayah di Sumatera Selatan seperti di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir.

Pantauan Kompas.com, warga yang melaksanakan shalat Id di lapangan tampak menggunakan masker. Termasuk warga yang mengikuti shalat di lapangan Polsek Indralaya.

"Tetap shalat di sini (lapangan) meskipun kabut asap makin tebal," kata seorang warga yang melaksanakan shalat di lapangan tersebut.

Untuk mengurangi dampak kabut asap tersebut pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Ilir membagikan masker kepada jemaah shalat. Masker-masker itu diletakkan di sajadah dan dapat langsung digunakan warga.

Kepala BPBD Ogan Ilir Ahmad Syakroni mengakui kabut asap kembali menebal di Ogan Ilir hari ini. Namun ia membantah bahwa kabut asap itu berasal dari kebakaran lahan di Ogan Ilir.

“Untuk Provinsi Sumatera Selatan, berdasarkan pantauan satelit titik api di Kabupaten Ogan Ilir nol atau tidak ada titik api termasuk kabut asap yang ada di ogan ilir adalah kiriman dari tempat lain,” jelas Syakroni

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com