Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencari Besi Bekas Temukan Mortir Seberat 50 Kg

Kompas.com - 23/09/2015, 22:02 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Sebuah mortir seberat lebih kurang 50 kg ditemukan secara tak sengaja oleh seorang warga pencari besi bekas yang menyelam di Sungai Kapuas, Rabu (23/9/2015).

Penemuan tersebut menghebohkan warga Kampung Beting, Kecamatan Pontianak Timur, Pontianak, Kalimantan Barat, tempat bom tersebut ditemukan.

Basharudin (45), warga yang menemukan bom tersebut, menuturkan, saat itu dirinya tengah menyelam di Sungai Kapuas, mencari besi sisa kapal yang tenggelam.

"Saya ketemu sebuah benda aneh yang tidak biasa. Saat diangkat ke permukaan, barulah tampak bentuknya menyerupai sebuah bom," kata Basharudin, Rabu (23/9/2015).

Kapolsek Pontianak Timur Kompol Albert Manurung mengatakan, saat ditemukan, bom tersebut berada dalam kondisi tidak aktif. Benda itu diperkirakan sudah ada sejak zaman Perang Dunia II, terkubur dalam waktu yang lama.

"Bom yang ditemukan jenis mortir, mungkin sisa-sisa zaman Jepang atau Belanda," kata Albert.

Sementara itu, Danramil Pontianak Timur Mayor Inf Muchlis mengatakan, spesifikasi bom hingga saat ini belum bisa ditentukan dengan pasti.

"Kami mendatangi TKP (tempat kejadian perkara), lalu berkoordinasi dengan Kapolsek untuk segera melakukan pengamanan. Saat ini, mortir sudah diamankan tim penjinak bom dari Gegana Brimob Kalbar," kata Muchlis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com