Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WWF Indonesia: Gajah Yongki Kemungkinan Diracun

Kompas.com - 23/09/2015, 05:29 WIB
KOMPAS.com - Para aktivis konservasi tengah menunggu hasil uji laboratorium terkait jenis racun yang menyebabkan matinya Yongki, gajah patroli yang selama ini dikenal sebagai penengah konflik karena digunakan untuk menghalau gajah-gajah liar masuk ke desa-desa di Lampung.

Yongki ditemukan mati pada tanggal Jumat (18/09) lalu, hanya sekitar tujuh jam setelah para petugas memeriksanya di kamp di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), 

"Kemungkinan besar diracun namun racunnya apa belum jelas," menurut Yob Charles dari WWF Indonesia di Lampung.

"Kami tengah menunggu hasil uji laboratorium, di seputar lokasi tidak ada rumput yang rusak, jadi begitu Yongki diracun langsung pingsan dan kemudian mati," kata Yob.

Patroli dan pengamanan yang dilakukan di seputar TNBBS oleh para petugas taman nasional dan dibantu sejumlah LSM termasuk WWF Indonesia sudah ketat, tambah Yob.

"Para mahout (pawang) melakukan pemeriksaan pada pukul 11 malam (hari Kamis), Yongki masih hidup, dan pagi jam 07:30, Yongki ditemukan mati oleh para mahout," ucap Yob.

Dalam enam tahun terakhir, Yongki bersama tiga gajah lain Renggo, Arni dan Karnangin -semuanya berusia di atas 30 tahun- ikut berpatroli menghalau gajah-gajah liar memasuki perkampungan.

Mulut tak berbusa

Dua anak gajah lain yang dinamakan Tomang, tujuh tahun, dan Sempot, dua tahun, juga tengah dilatih untuk ikut berpatroli, menurut Yob.

"Kami semua stres, terpukul, apalagi para mahout begitu mengetahui Yongki mati. Pengamanan sudah tinggi tapi kami tetap kecolongan," cerita Yob.

Keterangan tertulis dari ketua Balai Besar TNBBS, Timbul Batubara, menyebutkan, "Informasi dari hasil pemeriksaan awal...tidak didapati adanya bekas luka tembakan. Mulut tidak berbusa dan tidak bau tapi lidah sangat biru. Secara umum semua organ dalam tampak normal (makroskopis) dan tidak ditemukan abnormalitas kecuali ditemukan cacing paramphistomum di usus besar tetapi infeksi tidak berat."

Yongki merupakan satu dari puluhan ekor gajah Sumatra -yang masuk dalam hewan yang dilindungi- yang ditemukan mati tanpa gading dalam beberapa tahun terakhir ini.
Kemarahan dan duka di media sosial

Bulan Februari lalu, polisi menciduk sejumlah tersangka yang diduga menembak mati satu ekor gajah dan diambil gadingnya dengan harga di pasar gelap sekitar Rp500 juta.

Beberapa kasus kekejaman terhadap binatang tahun ini termasuk penyelundupan kakatua yang dimasukkan dalam botol dan trenggiling yang dibekukan.

Kematian gajah patroli Yongki ini menimbulkan kemarahan besar di media sosial.

Sampai Selasa (22/09), gajah Yongki disinggung sekitar 5.000 kali dengan tagar antara lain #RIPYongki dan #elephant.

Facebook BBC Indonesia menerima lebih dari 400 komentar, termasuk Syahril Wungkul yang menulis, "Manusia lebih buas dari binatang," dan Rhyiezkyanhy Dhiafakhri Ramadhan yang mengatakan, "Ah mau nangis ngebacanya..Biadab banget manusia seperti itu,,dia nggak pantas hidup ini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com