Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kendari, Ratusan Siswa "Serbu" 5 Jet Tempur Hawk TNI AU

Kompas.com - 21/09/2015, 23:51 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Penampilan sebuah pesawat tempur pasti selalu menarik minat dan perhatian anak sekolah di berbagai tempat di dunia, tak terkecuali di Kendari, Sulawesi Tenggara. Itulah yang terjadi saat lima pesawat tempur jenis Hawk 100/200 tengah "parkir" di Bandara Haluoleo, Kendari.

Ratusan siswa sekolah mulai tingkat taman kanak-kanak hingga SMA di Kendari terlihat antusias menyaksikan kegagahan burung-burung besi itu. Ratusan siswa yang datang bersama para guru mereka, terlilhat sangat senang bisa menyaksikan langsung pesawat-pesawat tempur milik TNI AU dari Skuadron I di Pontianak, Kalimantan Barat.

“Belum pernah lihat langsung pesawat tempur, hanya di televisi saja lihatnya. Saya sangat senang sekali," kata Fauzan siswa kelas 8 SMP 8 Baruga, Senin (21/9/2015) petang di Bandara Haluoleo, Kendari.

Dia mengaku sangat senang bisa diberi kesempatan untuk melihat langsung pesawat tempur tersebut. Fauzan pun mengungkapkan, dia bercita-cita menjadi seorang pilot pesawat tempur. " Ingin jadi pilot, bisa terbang dan melihat seluruh wilayah indonesia dari udara," tuturnya senang.

Sebelumnya, para siswa didampingi para orangtua dan guru menyaksikan manuver kelima pesawat tempur itu saat beraksi di udara. Sesekali mereka bersorak gembira sambil mengibarkan bendera Merah Putih.

Dalam kegiatan tersebut, TNI AU melibatkan lima pesawat tempur dan dua pesaway angkut Hercules. Kehadiran para penerbang dan pesawat tempur dari Skuadron 1 Lanud Supadio, Pontianak, Kalimatan Barat itu adalah bagian dari misi patroli udara yang akan berlangsung selama tiga hari.

"Kami melakukan patroli udara dan pengamanan di wilayah udara nasional serta elang jelajah, yakni bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Kami terbang dari Pontianak ke Balikpapan dan Lendari, lalu besok ke Hasanuddin, lalu ke Lombok dan ke pulau Jawa terakhir di bandara Halim Perdakusuma Jakarta," kata Komandan Skuandron 1 Supadio, Pontianak, Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang Bagus Hariadi, di ruangan VIP bandara Haluoleo, Kendari.

Operasi patroli udara ini, lanjut Bagus, adalah bagian dari latihan menjelang peringatan HUT TNi 5 Oktober mendatang. "Operasi ini juga untuk mengecek radar-radar di wilayah Sulawesi. Peswat tempur buatan Inggris tahun 1999 ini bisa melakukan penindakan di udara ke darat, bisa melakukan pengeboman peluru kendali," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com