Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh Adat Bali Bentuk Tim Selidiki Isu Pernikahan Gay

Kompas.com - 16/09/2015, 16:53 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Bali membentuk tim khusus untuk menelusuri munculnya kabar pernikahan sejenis di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Hal ini disampaikan oleh Ketua MUDP Bali Jero Gede Putus Suwena Upadesa kepada Kompas.com.

"Saya sudah menurunkan tim untuk menelusuri apakah benar adanya peristiwa itu (perkawinan sejenis). Kami turunkan dari Majelis Madya di Gianyar dan Majelis Alit yang ada di Ubud untuk mencari kebenaran berita tersebut," kata Ketua MUDP Bali Jero Gede Putus Suwena Upadesa di Denpasar, Rabu (16/9/2015).

Suwena menambahkan, timnya sudah bekerja melakukan penyelidikan karena foto yang tersebar di media sosial tersebut menunjukkan lokasi resepsi digelar di Bali dengan berbagai ornamen khas dan beberapa orang perempuan penari Bali serta seorang pemuka agama yang mengenakan baju adat Bali.

Fakta-fakta inilah yang membuat MUDP melakukan langkah tegas. "Walaupun masalahnya masih diselidiki, kami sudah menyatakan sikap bersama dengan Parisada (PHDI) bahwa kalau benar terjadi, itu sudah merupakan larangan agama. Dilarang melakukan perkawinan sejenis," ujarnya.

Sementara itu, dalam foto yang tersebar di media sosial, terlihat seorang pemangku atau pemimpin agama yang hadir menyaksikan pernikahan itu. Kasus ini akan diserahkan ke Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali karena sudah menyangkut ranah agama.

Bahkan, MUDP juga menegaskan, meski tidak melibatkan warga Bali, pernikahan sejenis ini tetap harus diselesaikan sesuai hukum yang berlaku di tempat pernikahan sejenis itu digelar. Sanksi adat sudah jelas akan dikenakan bagi pelakunya. (K102-14)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com