Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tukang Sayur Berhasil Pertahankan Motor dari Pelaku Begal

Kompas.com - 15/09/2015, 00:02 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Enam begal terbukti kewalahan melumpuhkan seorang tukang sayur yang hendak mereka rampas sepeda motornya. Bahkan satu di antara anggota begal tersebut pada akhirnya bisa ditangkap oleh para tukang sayur, rekan korban.

Aksi bak film laga itu menimpa seorang pedagang sayur keliling bernama Lasno (31), warga Dusun Sawung, Desa Belimbing, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Lasno dirampok komplotan begal di Jalan Raya Bantir, Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang pada Minggu (13/9/2015) dinihari kemarin.

Seperti biasa, Lasno setiap dinihari sudah berangkat ke Pasar Sumowono untuk kulakan bakal dagangan sayurnya. Setelah selesai kulakan, Lasno pulang ke Kendal untuk segera menjajakan daganyannya pada keesokan paginya. Namun saat sampai di lokasi kejadian, korban dicegat pelaku yang berupaya merampas tas dan sepeda motor yang ia tumpangi.

Pelaku sempat merampas kunci sepeda motor dan menarik narik tas korban. Namun diluar dugaan, korban melawan meski kalah jumlah. Dalam duel yang tidak adil itu, pelaku memukuli korban menggunakan kayu hingga terluka.

"Korban dipukuli kayu hingga kepala dan lengannya terluka. Akhirnya pelaku kabur hanya berhasil merampas kunci sepeda motor korban," ungkap Kasat Reskrim Polres Semarang, AKP Herman Sophian, Senin (14/9/2015).

Gagal mendapatkan rampasan, pelaku yang berboncengan menggunakan tiga motor itu kemudian kabur ke arah Boja (Kendal). Nyaris dalam waktu yang bersamaan, peristiwa itu diketahui oleh teman-teman korban sesama pedang sayur yang kebetulan lewat. Tak lama, terjadilah aksi pengejaran para begal dengan para tukang sayur yang masih lengkap dengan gerobak sayurnya itu.

Aksi pengejaran itu bahkan sampai berkilo-kilometer hingga sampai di Kecamatan Limbangan, Kendal. Lantaran dikejar banyak tukang sayur, komplotan begal itupun kocar kacir. Hingga akhirnya salah seorang dari pelaku, Minute (18) warga Ngaliyan, Kota Semarang tertangkap berikut sepeda motor Suzuki Satria milik pelaku.

Pelaku yang tertinggal dengan lima rekannya itu kemudian diamankan di Polsek Limbangan, Kendal sebelum pada akhirnya dilimpahkan ke Polres Semarang untuk penyelidikan lebih lanjut. Berbekal keterangan dan kesaksian pelaku, polisi sedang mencari sisa komplotan begal yang kabur.

"Mereka ternyata warga kota Semarang dan kebanyakan masih di bawah umur. Kami masih melakukan pengintaian dengan Resmob untuk menangkap duga otak," kata Herman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com