Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dengan Wayang Kulit

Kompas.com - 12/09/2015, 09:39 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL,KOMPAS.com - MPR melakukan sosialisasi 4 pilar kebangsaan melalui kesenian wayang kulit, Jumat (11/9/2015). Acara yang digelar di alun-alun Kendal Jawa Tengah itu, menampillan Dalang Ki Joko Edan.

Anggota MPR Fadholi mengatakan, sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini, antara lain karena sudah banyak masyarakat Indonesia yang rasa nasionalismenya sudah luntur. Banyak juga masyarakat, yang tidak memahami kandungan dan makna dari Pancasila.

"4 pilar kebangsaan ini sangat penting, supaya NKRI, tetap utuh," kata Fadholi.

Politikus dari Partai Nasdem tersebut menambahkan, dipilihnya kesenian wayang untuk sarana sosialisasi 4 pilar kebangsaan, karena wayang sangat disukai oleh masyarakat Jawa. "Sehingga lebih mengena," ujarnya.

Sementara itu, kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kendal, Agus Rifai, mengaku terhormat bisa dipercaya menjadi tempat diselenggarakannya sosialisasi 4 pilar kebangsaan. Agus yang mewakili Pjs. bupati Kendal Kjnto Nugroho, menambahkan, 4 pilar kebangsaan sangat perlu dimengerti oleh masyarakat, supaya lebih mencintai bangsa Indonesia.

"Kesenian wayang kulit sangat diminati oleh masyarakat Kendal. Apalagi dalangnya Joko Edan," sebutnya.

Agus menjelaskan, lakon yang ditampilkan adalah Wahyu Cakra. Acara pagelaran wayang dimulai sekitar pukul 8 malam dan berakhir Sabtu dini hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com