Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemohon Beasiswa Harus Tes Baca Al Quran dan Bebas Narkoba

Kompas.com - 09/09/2015, 12:41 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com — Para pemohon beasiswa S-1 yang mengajukan lamaran ke Pemerintah Kabupaten Bireuen, Aceh, wajib menjalani tes baca Al Quran dan bersih dari narkoba. Penegasan itu disampaikan Bupati Bireuen Ruslan M Daud, Rabu (9/9/2015).

Ruslan menetapkan dua hal itu sebagai syarat karena mengaku prihatin dengan makin sedikitnya jumlah remaja yang mampu membaca Al Quran dengan baik, dan makin banyaknya remaja yang terjerumus dalam penggunaan obat-obatan terlarang.

"Mungkin tidak sampai 50 persen remaja yang mampu membaca Al Quran dengan fasih. Selain itu, kenakalan remaja yang menggunakan narkoba juga terus meningkat, khususnya di Aceh," ungkap Ruslan.

Kondisi itu lantas melatarbelakangi tes baca Al Quran dan tes bebas narkoba sebagai tantangan bagi para calon penerima beasiswa dari kalangan kurang mampu. Alokasi dana untuk beasiswa jenjang S-1 di Bireuen mencapai Rp 1 miliar.

Jumlah anggaran itu masih tetap seperti tahun lalu, yaitu Rp 1 miliar dibagikan untuk 500 mahasiswa se-Kabupaten Bireuen dari kalangan kurang mampu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com