Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Pasang Calon Wali Kota Mataram Tak Boleh Bertemu Saat Tes Kesehatan

Kompas.com - 08/09/2015, 14:44 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Dua pasangan calon kepala daerah Kota Mataram, pasangan 'Aman' (Ahyar Abduh dan Mohan Roliskana) dan pasangan 'Sahaja' (Salman dan Jana Hamdiana) menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (8/9/2015).

Direktur RSUD Kota Mataram dr. Lalu Herman Mahaputra menjelaskan, kedua pasangan calon mulai menjalani tes kesehatan sekitar pukul 07.30 Wita. Pelaksanaan tes kesehatan kedua pasangan calon dilakukan secara terpisah.

"Pemeriksaan kita lakukan satu-satu. Kita usahakan setiap calon ini enggak boleh ketemu," kata Herman.

Herman mengatakan, ada 15 tim dokter yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan mulai dari mata, THT, paru, jantung, bedah, urologi, kulit dan kelamin. Selain tes kesehatan jasmani, mereka juga menjalani tes kesehatan rohani (kejiwaan). Pemeriksaan akan dilakukan selama delapan jam.

"Kemungkinan besar lolos, ya kita lihat. Selama dia bisa berjalan ke sini, itu sudah poin lah," kata Herman.

Herman menargetkan, hasil tes kesehatan bisa diketahui sore ini. Hasil tes kesehatan hari ini nantinya akan langsung serahkan ke KPU untuk kemudian dilakukan rapat pleno.

Proses tes kesehatan calon kepala daerah dilakukan secara tertutup. Beberapa awak media yang akan meliput pun sempat diusir dan tidak diperkenankan mengambil gambar.

Terkait hal ini, Herman mengatakan proses yang dilakukan telah sesuai prosedur tetap (protap). "Begitu calon datang, lantai dua harus steril supaya beri dulu kenyamanan untuk para calon. Karena mereka kan puasa, kita ambil darah, setelah itu tes tulis, kasih konsen dulu. Setelah itu silahkan mau meliput. Memang protap seperti itu harus steril," kata Herman.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Mataram Ainul Asikin mengatakan, tes kesehatan merupakan salah satu tahapan verifikasi dalam pemilihan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram. Hasil tes kesehatan akan diketahui malam ini. Proses verifikasi maksimal dilaksanakan selama tujuh hari, namun KPU Kota Mataram menargetkan proses ini akan dilakukan empat hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com