Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Gadis Asal Yogyakarta Ini Bernama Y

Kompas.com - 08/09/2015, 13:23 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Beberapa hari terakhir, berbagai nama yang terbilang unik bermunculan, mulai dari Tuhan, Satria Baja Hitam, hingga Saiton. Di Yogyakarta pun terdapat satu nama unik lain, yakni Y.

Nama satu huruf ini disandang oleh seorang perempuan warga Gedungkiwo MG1 Nomor 1025 Kota Yogyakarta. Y saat ini sekolah di SMK 2 Kota Yogyakarta kelas XII Jurusan Multimedia.

Saat ditemui Kompas.com di SMK 2 Kota Yogyakarta, anak kedua dari empat bersaudara ini mengaku, nama Y diberikan oleh ayahnya, Slamet Sugiono. "Yang memberi nama Y ini ayah saya," ucap Y, Selasa (8/9/2015).

Y menuturkan, awal penamaan dirinya dimulai ketika ayah dan ibunya berangkat ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta. Saat ditanya untuk mengisi akte kelahiran, sang ayah langsung menyebut nama Y.

Remaja kelahiran 7 Desember 1997 ini mengungkapkan, saat duduk di sekolah dasar (SD), banyak temannya yang mengejek namanya karena hanya satu huruf. Berawal dari ejekan teman-teman itu, Y lantas bertanya mengenai alasan penamaan satu huruf ini kepada ayahnya.

"Saya tanya, kok diberi nama Y? Ayah bilangnya ini biar irit. Kan saya lahir tahun 1997, saat itu sedang krisis," kata dia.

Putri kedua pasangan Slamet Sugiono dan Parjiem ini mengaku, setelah mengetahui alasan pemberian nama Y, dia pun bisa menerima dan malah bangga. Sebab, namanya berbeda dengan orang pada umumnya.

"Sampai sekarang, kalau kenalan ya tetap Y. Jadi, nama panggilan saya Y," kata dia.

Kompas TV Kakak Beradik Bernama
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com