Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Sukhoi Bermanuver di Langit Kota Ambon

Kompas.com - 07/09/2015, 13:45 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Manuver tiga pesawat Sukhoi SU 27-30 menderu di atas langit Kota Ambon mewarnai perayaan Hari Ulang Tahun Kota Ambon ke 440, Senin (7/9/2015).

Tiga jet tempur dari Skuadron Udara Lanud 11 Sultan Hasanuddin Makassar itu mulai bermanuver usai upacara HUT Kota Ambon sektiar pukul 12.10 WIT.

Dalam aksinya itu, tiga pesawat tempur andalan TNI Al ini terbang dengan sangat rendah sehingga mudah dilihat ribuan warga Kota Ambon.

Berdasarkan pantauan di lapangan Merdeka Ambon, tiga jet Sukhoi ini terbang secara bersamaan sambil membentuk trisula dengan jarang relative sangat rendah. Sesekali jet tempur tersebut terbang sambil berputar di udara. Deru pesawat yang sangat keras membuat ribuan warga sampai-sampai menutup telinga.

Aksi tiga pesawat ini pun membuat warga dan para undangan yang hadir di Lapangan Merdeka Ambon dan sekitarnya tak ketinggalan mengabadikan gambar-gambar tiga pesawat tersebut.

Selain manuver jet Shukoi, HUT Kota Ambon kali ini juga dimeriahkan dengan aksi terjun paying 10 penerjun TNI Angkatan Udara dari atas pesawat Cassa milik TNI AU. Sepuluh penerjun ini terjun dengan membawa bendera Merah Putih, bendera lambang Provinsi Maluku, bendera lambang Mangente Ambon dan ada juga yang membawa ucapan Selamat HUT Kota Ambon ke 440.

Mereka langsung turun di Lapangan Merdeka Ambon. Salah satu dari 10 penerjun yang melakukan aksi terjun payung itu adalah seorang putra Maluku yakni Mayor Pasukan Yohanes Paulus. Danlanud Pattimura Ambon (udara) Kolonel Patladon Pangabean mengatakan, manuver tiga jet Shukoi di HUT Kota Ambon itu berasal dari skuadron udara 11 Makassar dan dipimpin langsung oleh Letkol Penerbang Fitsensius Endi.

“Kalau penerjun tadi dipimpin oleh Letkol Pasukan Tiki,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com