Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meja Sepanjang 2,4 Km Disiapkan untuk Makan Patita di HUT Kota Ambon

Kompas.com - 06/09/2015, 21:34 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Ambon membuat ribuan meja dari kayu dan dijejerkan di sepanjang Jalan AY Patty dan Jalan AM Sangadji untuk acara makan patita (syukuran) pada Hari Ulang Tahun ke-440 Kota Ambon, Senin (7/9/2015) besok. Meja-meja itu juga diletakkan tanpa putus hingga ke Jalan Anthony Rebook.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, acara makan patita sebagai bentuk ucapan rasa syukur warga kota atas HUT Kota Ambon akan diikuti seluruh masyarakat di kota tersebut. "Makan patita yang disiapkan itu panjangnya 2.400 meter. Jadi bagi seluruh warga Kota Ambon, besok jangan lupa datang untuk makan patita bersama," kata Richard di kawasan Tugu Gong Perdamaian Dunia, Minggu (6/9/2015).

Selain acara makan patita, sejumlah kegiatan lain juga akan dilakukan dalam rangka ultah Kota Ambon, yakni pesta rakyat dan pesta pesta kembang api. Sebanyak 3.000 muda-mudi akan menari sebagai wujud kegembiraan ulang tahun tersebut.

Pantauan Kompas.com, hingga hari ini panitia masih terus menyiapkan meja untuk acara makan patita tersebut. Untuk kegiatan itu, kawasan Jalan AY Patty, AM Sangadji, dan Anthony Rebook akan ditutup dari lalu lalang kendaraan.

Makan patita adalah sebuah ritual yang sangat kental pada kehidupan masyarakat di Maluku. Makan patita ini biasanya dilakukan dalam acara-acara adat sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas apa yang dicapai. Dalam makan patita ini berbagai makanan khas Maluku dan hasil pertanian serta buah-buahan akan disajikan bagi seluruh masyarakat secara gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com