Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Magelang, Ada Polisi Bernama Andy Go To School

Kompas.com - 01/09/2015, 20:30 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Kalimat "Andy Go To School" mungkin terdengar cukup lazim dalam bahasa Inggris. Namun, kalimat ini menjadi unik jika digunakan untuk nama seseorang. Di Magelang, Jawa Tengah, ternyata kalimat "Andy Go To School" memang menjadi nama seseorang, dan penyandang nama unik ini adalah seorang anggota Polres Magelang Kota.

Polisi bernama Andy Go To School ini akrab disapa Goto. Andy mengaku, awalnya dia biasa saja dengan nama pemberian orangtuanya, Bulkin dan Nakimah, asal Dusun Kedung Rengit RT 01 RW 04, Desa Tegalarum, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Goto baru mengerti arti namanya itu ketika dirinya duduk di bangku SMP dan mulai mengerti bahasa Inggris.

"Waktu kecil belum mengerti bahasa Inggris. Setelah tahu kalau nama saya mempunyai arti 'Andy pergi ke sekolah', baru saya tanya ke orangtua, 'Kenapa nama saya seperti ini?'" kata Goto, saat ditemui di kantornya di Mapolres Magelang Kota, Selasa (1/9/2015).

Menurut ayahnya, kata Goto, nama panggilan Andy Go To School, diberikan agar dirinya rajin sekolah, tidak seperti kakaknya yang suka membolos. Kendati demikian, saat itu Goto mengaku bimbang karena nama yang disandangnya itu justru menjadi beban bagi dirinya.

"Bagi saya, nama ini beban. Saya harus konsekuen. Artinya, saya pun harus mahir berbahasa Inggris," ujar suami dari Heni Maesaroh ini. Terlebih lagi, banyak teman dan orang-orang yang mengolok-olok nama uniknya itu.

Meski demikian, Goto lama-kelamaan merasa enjoy dan bangga serta bersyukur dengan nama yang diberikan kedua orangtuanya. Sebab, nama tersebut bisa menjadi pemacu agar dirinya rajin sekolah dan mempelajari bahasa Inggris secara mendalam.

"Dulu waktu SMP pernah dapat nilai (bahasa Inggris) 5. Namun saat UN SMA, saya dapat 9," kata warga Asrama Polisi Ganten Blok E 4 RT 2 RW 3, Kelurahan Jurangombo Selatan, Kota Magelang, itu.

Sekeluarga bernama unik

Ternyata Goto kemudian meniru langkah ayahnya untuk memberi nama unik bagi anaknya. Dia memberi nama anak semata wayangnya dengan Virgenio Silvero Go To Paradise, yang kini baru berusia empat tahun.

Menurut Goto, nama anak perempuannya itu menjadi pengingat saat kali pertama membeli mobil merek Virginia warna silver (perak) dari hasil bisnis budidaya ikan lele. "Go To Paradise adalah 'pergi ke surga', dengan harapan, lewat sang anak, ia dan keluarga kelak bisa masuk surga," tambah dia.

Ternyata tidak hanya Goto dan putrinya yang memiliki nama unik. Kakak kandung Goto bahkan memiliki nama yang lebih unik, yaitu Happy New Year. Nama itu diberikan karena sang kakak lahir tepat pada tahun baru, 1 Januari 1978.

Adapun adik bungsunya bernama Rudi A Good Boy, yang lahir pada 11 Maret 1990. Dari ketiga anak bernama unik ini, hanya Andy yang mudah ditemui karena sehari-hari bekerja sebagai anggota dari bagian Sumber Daya Manusia Polres Magelang Kota. Adapun kakaknya, Happy, sibuk berbisnis pasir, sedangkan adiknya menjadi anggota TNI di Bandung, Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com