Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Cari Ayah Kandung, Bocah 8 Tahun Telantar Empat Hari di Jalanan

Kompas.com - 31/08/2015, 18:49 WIB
TEGAL, KOMPAS.com — Seorang bocah bernama Sulaiman (8) tersesat setelah nekat pergi dari rumah karena ingin mencari tahu keberadaan ayah kandungnya. Bocah laki-laki itu ditemukan warga di Jalan Pala Raya, Desa Mejasem, Kecamatan Kramat, Tegal, Jawa Tengah, Minggu (30/8/2015) malam.

Saat ditemukan pasangan Darmo (52) dan Tarunah (48), warga Desa Mejasem, bocah tersebut membawa sebuah tas ransel yang di dalamnya berisi handuk dan sejumlah pakaian miliknya.

Menurut pengakuan Sulaiman, dia tinggal di Kabupaten Brebes, dan sengaja pergi dari rumah lantaran berniat mencari ayah kandungnya.

"Saya mau cari bapak karena sudah lama enggak ketemu," ujar Sulaiman, Senin (31/8/2015).

Wajah Sulaiman masih menunjukkan raut bingung. Dia mengaku sudah empat hari telantar. Sulaiman juga mengatakan bahwa dia berasal dari Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes.

"Setelah bapak nikah lagi sama orang Tegal, bapak enggak pernah pulang ke rumah. Makanya saya cari bapak di Tegal," ujar dia.

Bukannya bisa bertemu dengan ayahnya, Sulaiman justru telantar di jalanan selama empat hari. Di dalam tas ransel yang dibawanya terdapat juga sebuah seragam sekolah bewarna hijau tosca yang bertuliskan SD Ash Siddiqiyyah Kaliwadas, Sumber, Cirebon.

Selama empat hari telantar, Sulaiman kerap kali tidur di mushala dari satu tempat ke tempat lain. Untuk makan, dia meminta-minta kepada orang-orang yang ditemuinya sepanjang perjalanan.

Kangen ayah

Jari tangan, kaki, dan wajah Sulaiman tampak mulai menghitam akibat terik matahari yang selalu menemaninya saat telantar di jalanan.

"Saya merasa iba dan kasihan lihat bocah ini telantar sejak Minggu (30/8/2015) malam sekitar pukul 20.00. Akhirnya saya bawa ke rumah, dan nunggu sampai ada keluarga yang jemput," ujar Darmo, pria yang menemukannya.

Dia mengatakan, Sulaiman mengaku nekat pergi dari rumah lantaran rindu terhadap ayah kandungnya yang sudah lama meninggalkannya.

"Kepada saya, bocah ini bilang kalau mau cari bapaknya yang bekerja sebagai sopir pengangkut ayam di Tegal," imbuhnya.

Sebelum tersesat, kata dia, Sulaiman sempat menaiki sebuah angkot dari Kabupaten Brebes, dan turun di Terminal Kota Tegal.

"Sebelum telantar di jalanan, bocah ini sempat naik angkot dari Brebes, dan turun di terminal Kota Tegal," tambahnya.

Penemuan bocah telantar ini sempat menggegerkan warga. Bahkan, sejumlah warga silih berganti berdatangan ke rumah Darmo hanya untuk melihat kondisi bocah tersebut.

"Penemuan bocah telantar ini sudah saya laporkan ke Mapolsek Kramat dan Kepala Desa Mejasem. Bagi keluarga bocah ini, saya harap (perwakilan) bisa menjemput di rumah saya di Desa Mejasem Timur, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com