Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan dari Manado Tertunda Akibat Letusan Lokon

Kompas.com - 30/08/2015, 10:46 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Dampak letusan Gunung Api Lokon di Tomohon pada Sabtu (29/8/2015) mengakibatkan tertundanya sejumlah penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado. Penundaan itu membuat ribuan calon penumpang menumpuk di Ruang Tunggu, Minggu (30/8/2015).

Pihak pengelola bandara hingga saat ini masih berupaya membersihkan landasan pacu yang tertutup debu vulkanis semburan Lokon.

Hingga pukul 09.30 Wita, baik jalur kedatangan maupun keberangkatan pesawat belum dibuka. Penumpang yang tertunda keberangkatannya memilih tetap menunggu di bandara.

Lokon meletus sekitar pukul 23.49 Wita, Sabtu (29/8/2015). Erupsi kawah Tompaluan tersebut berdampak hingga ke beberapa wilayah di Manado yang dijatuhi abu vulkanis yang terbawa angin. (Baca: Gunung Lokon Meletus, Debu Vulkanis hingga ke Manado)

Tinggi kolom abu mencapai 1.500 meter yang mengarah ke Utara hingga Timur Laut. "Dari subuh desa kami sudah dihujani abu, terpaksa harus cari masker," ujar Meiki, warga Desa Kali, Pineleng.

Debu vulkanis juga dilaporkan hingga ke kompleks perumahan mewah Citraland di Winangun. Desa Tinoor dikabarkan menerima hujan abu vulkanis yang cukup banyak. Petugas telah membagi-bagikan masker bagi warga yang berada di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com