Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Lokon Meletus, Debu Vulkanis hingga ke Manado

Kompas.com - 30/08/2015, 07:49 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Gunung Api Lokon di Kota Tomohon meletus, Sabtu (29/8/2015) sekitar pukul 23.49 Wita. Erupsi kawah Tompaluan tersebut berdampak hingga ke beberapa wilayah di Manado yang dijatuhi abu vulkanis yang terbawa angin.

Tinggi kolom abu mencapai 1.500 meter yang mengarah ke Utara hingga Timur Laut. "Abunya terbawa angin sehingga mencakup wilayah Manado hingga ke Minahasa Utara. Ini banyak abu di depan rumah, kami harus mencari masker," ujar Amanda, warga Winangun, Minggu (30/8/2015).

Letusan Lokon itu juga mengakibatkan tertundanya beberapa penerbangan dari Bandara Sam Ratulangi Manado, karena landasan ikut terdampak debu vulkanis.

Setidaknya tiga penerbangan menuju ke Balikpapan, Surabaya dan Jakarta yang semestinya terbang pada pukul 06.00 Wita harus dijadwalkan ulang.

Pihak otoritas bandara terpaksa menunda keberangkatan tersebut menyusul kondisi landasan. Lewat pengeras suara petugas menyampaikan pengumuman, "Kami mohon maaf, sejumlah penerbangan harus tertunda karena landasan tertutup debu. Harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan kembali."

Belum ada laporan mengenai korban dari letusan Lokon dini hari tadi. Lokon yang merupakan salah satu gunung berapi di Sulawesi Utara merupakan gunung yang kerap erupsi. Terakhir Lokon erupsi pada Mei 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com